Pertanyaan:

Saat ini saya bekerja sebagai staf akuntansi di suatu perusahaan konstruksi. Pada bulan ini, perusahaan kami membayar katering untuk acara syukuran atas serah terima proyek pekerjaan kami yang sudah selesai. 


Dalam tagihan katering kami, ternyata tidak hanya terdapat jasa berupa katering itu saja, melainkan ada tagihan sewa perlengkapan makan dan meja khusus untuk katering. 


Pertanyaan saya, dalam memotong pajak penghasilan (PPh) Pasal 23 atas jasa katering dimaksud apakah hanya atas jasa katering saja atau termasuk tagihan sewa perlengkapan makan dan meja khusus tersebut?


Jawaban:

Pengenaan PPh Pasal 23 atas jasa katering telah diatur dalam Pasal 23 ayat (1) huruf c angka 2 Undang-Undang No. 7 Tahun 1983 tentang Pajak Penghasilan sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2008 (UU PPh). 


Dalam pasal tersebut dinyatakan bahwa setiap imbalan sehubungan dengan jasa teknik, jasa manajemen, jasa konstruksi, jasa konsultan, dan jasa lain selain jasa yang telah dipotong PPh sebagaimana dimaksud dalam Pasal 21, dipotong 2% dari jumlah bruto, termasuk jasa katering yang termasuk dalam jasa lain. 


Untuk lebih jelasnya silahkan klik link berikut https://news.ddtc.co.id/dasar-pemotongan-pph-pasal-23-atas-jasa-katering-19190